Senin, 23 Mei 2016



NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM DONGENG
Pengertian dongeng
            Dongeng adalah suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata,menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lain.Dongeng juga merupakan khayalan dan imajinasi dari pemikiran seseorang yang kemudian diceritakan secara turun-temurun dari generasi dan ke generasi.Kadang dongeng bisa membawa pendengarannya terhanyut ke dalam dunia fantasi,tergantung cara penyampaian dongeng tersebut dan pesan moral yang disampaikan.Dongeng mempunyai kalimat pembukaan dan penutup yang bersifat klise.Contohnya kisah 1001 malam.
Ø  JENIS -JENIS DONGENG

A. Fabel (dongeng binatang)
Adalah dongeng dimana pelaku atau tokoh utamanya merupakan binatang. Pada dasarnya, dongeng ini biasa di certakan dan bersumber dari kehidupan binatang seperti dongeng si Kancil. Namun, dalam fabel cerita dapat dikembangkan lagi. Seperti dongneg yang saya bacakan Raja Serakah dongeng dikembangkan lebih imaginatif tidak hanya dari keseharian binatang itu sendiri saja. Dalam fabel tokoh tidak semua harus merupakan binatang, tetapi tokoh utamanya harus seekor binatang.





B. Legenda
Adalah dongeng yang berhubungan dengan asal-usultentang terjadinya suatu tempat. Dimana dongeng ini biasa diceritakan dari mulut ke mulut. Biasanya, setelah melihat tempat atau sesuatu yang aneh orang mulai mengembangkannya menjadi legenda. Tidak harus selalu tempat, bisa juga asal-usul nama tempat.
Contohnya: Dongneg Sangkuriang dari Jawa Barat, Malin Kundang,Dongeng Asal-usul Danau Toba, dsb.
C. Mithe
Adalah dongeng yang menceritakan tentang kehidupan mistik. Diman dalam dongeng banyak tedapat unsur sihir atau semacamnya. Nah, dari sini kita tahu bahwa yang termasuk dalam Mithe adalah dongneg mengenaiperi-peri, bidadari, penyihir, Jin. Nah, dalam mithe sendiri cerita keseluruhan dongeng bertemakan kehidupan mistik. Jadi, jika ada sebuah dongneg tokoh utamanya binatang tetapi ada hubungannya dengan kehidupan mistik tidak bisa dikategorikan sebagai mithe kecuali jika tokoh utamanya adalah peri atau semacamnya.

                                                                                                                                                                                        1

D. Sage
Adalah dongeng yang mengandung unsur sejarah misalnya, Dongeng Darmawulan, Terjadinya Kota Majapahit.Dalam sage sendiri suatu fakta dapat dicampur adukkan dari kehidupan nyata dan khayalanseperti, Dongeng Ken Arok dan Ken Dedes.

F. Dongeng Jenaka atau anekdot
Adalah dongeng berisi lelucon yang biasanya bercerita tentang kebodohan, keliguan dari oerilaku seseorang dengan tujuan untuk menghibur orang yang membacanya. Misalnya, Dongeng Pak PandirPak BelalangSi Lebai Malang

G. Dongeng Biasa
Dongeng biasa adalah dongeng yang tokohnya manusia dan biasanya berisi tentang kisah suka duka yang dialami seseorang. Misalnya dongeng Ande-Ande Lumut, Joko Kendil dan lain-lain.

H. Dongeng Berumus
Merupakan dongeng yang strukturnya terdiri dari pengulangan.
dongeng ini ada 3 macam, dongeng bertimbun banyak (cumulative tales), dongeng untu mempermainkan orang (catch tales), dongeng yang tidak ada akhir (endless tales)
I. Epos
Adalah dongeng tentang kepahlawanan. Misalnya, Dongeng Ramayana, Mahabrata.

Ø  TOKOH-TOKOH DONGENG
-          Raja, Ratu, Pangeran, Permaisuri, Dewa, Dewi, ibu tiri, saudara tiri, prajurit, pengawal, putri duyung,dll.
-          Peri, penyihir, bidadari, orang kerdil, kurcaci,dll.
-          Binatang: ikan ajaib, kancil, burung gagak, burung hantu, kuda terbang, kucing bersepatu bot,dll.
-          Kastil, hutan belantara, negeri ajaib,. Kerajaan, danau, laut, samudera, dll..
-          Benda Ajaib: permadani, terbang, lampu ajaib, cincin, cermin ajaib, bola kristal,dll.

Tidak ada komentar: