Mari kita melanglang buana menembus cakrawala biru menyelam ke dasar samudra terbang melayang di angkasa seiring denyut jantung dan desah-desah aliran darah. Kita nikmati hidup penuh kesyukuran.Kita arungi hidup dengan menanam biji-biji kebajikan.Jangan bersedih apalagi melahirkan kata-kata seperti ini : Jangan kau jamah hati lara Usah kau cium derita kedua Biarkan aku mengembara Tanpa membawa kasihmu. SASTRA MENGANDUNG KEINDAHAN BUDAYA MERUPAKAN CERMIN LINGKUNGAN PERADABAN
Kamis, 01 Mei 2014
Rabu, 30 April 2014
BALUYAAN (BUDAYA BANJAR HULU/PAHULUAN)
BALUYAAN
Baluya atau baluyaan merupakan
ungkapan bagagayaan atau tidak serius terhadap seseorang. Ungkapan itu
disampaikan kepada teman yang sudah dikenal dan akrab. Sehingga si teman
tidak akan marah, malah menanggapi balik
terhadap ungkapan yang dilontarkan kepadanya. Jika ungkapan baluyaan tersebut
diungkapkan pada orang lain selain teman akrab kemungkinan akan terjadi
diskomunikasi atau salah paham.
Contoh :
1.
Seseorang teman sedang memanggul barang
dibahunya, si teman menyapa,”napa nang di bawah.” Mestinya “napa nang dibawa”
(tanpa huruf h). Si teman langsung menjawab,”bumi yang di bawah.”
2.
Si A lama
tidak bertemu si B .
“Alhamdulillah,panjang umur,kita
bisa bertemu lagi,” kata Si A pada B
“Ya,berkat doa sampiyan. Eh,jukung
sudah diikatlah ke tiang listrik.” Sapa si B
“Sudah dong,diikat dengan tali
besi,” Sahut A. (Padahal dia datang pakai mobil,bukan pakai
jukung)
3.
“Kamu datang ke sini pakai apa?” Tanya teman
“Nyata ai pakai baju dan celana. Masa
telanjang”. Jawab teman yang disapa.
4.
Si Arul
ke kondangan bersama anak wanitanya yang ABG.
Melihat Dia berjalan bersama wanita,
ada yang nyelutuk,”bini nang mana pulang” (Istri
yang
mana lagi).
Jawab yang disapa,”Diam-diam
aja,jangan ribut. Jika ribut akan tejadi badai”.
5.
“Liat si
gendut datang” (Pada hal sebenarnya yang
datang itu bertubuh kurus)
Senin, 28 April 2014
MANYAIR (BACA SYAIR)
MANYAIR
Manyair
adalah kegiatan membaca syair dihadapan khalayak atau penonton. Berbeda dengan
madihin dan lamut, manyair tidak menggunakan terbang atau gendang sebagai
peramai.Tukang baca syair, membaca syair (Arab Melayu) dengan lagu yang
dikuasainya. Bagi Tukang Syair yang buta huruf,yaitu tidak bisa membaca huruf
Arab Melayu menggunakan hafalan sebagai andalannya. Tukang baca syair di
Amuntai yang masih hidup adalah Suriansyah R
dan Husna
Syair
bukan sastra asli Banjar,yaitu berasal dari kesusastraan Arab.Syair masuk ke
Indonesia dibawa oleh penyebar Islam.Jadi, usia syair di Indonesia sama dengan
usia masuknya Islam ke Indonesia.
Meskipun
syair berasal dari kesusastraan Arab, rakyat Banjar sangat menyukainya. Syair
dalam tata khidupan orang Banjar pernah mengalami zaman kejayaannya, yaitu pada
zaman Sultan Adam.Syair-syair yang terkenal pada masa itu adalah Syair Ringgit
dikarang oleh Haji Umi, syair Mayat dikarang oleh Haji Pangeran Musa, Syair Ganda
Kasuma dan Brahma Syahdan dikarang oleh oleh Haji Gusti Ali, Syair Tajul Muluk
dikarang oleh Kiai Mas Ahmad Dipura, Syair Saraba Ampat dikarang oleh Datu
Sanggul , dan lain-lain .
Syair-syair itulah yang dibaca Tukang
Syair untuk mengisi acara selamatan,menjaga penganten,hajatan, nazar,dll.
Contoh :
Syair Sarba
Ampat
Allah jadikan
saraba ampat
Syariat
Tarikat Hakikat Makrifat
Menjadi satu
dalam khalwat
Rasa
nyamannya tiada tasurat
Huruf
Allah ampat banyaknya
Alif
I’tibar dari pada zat-Nya
Lam
awal dan akhir sifat dari asma
Ha
isyarat dari af’al-Nya
Jibril –
Mikail malaikat mulia
Isyarat sifat
jalal dan jamal-Nya
Izrail –
Israfil rupa pasangan-Nya
I’tibar sifat
qahhar dan kamal-Nya
Jabar
– ail asal katanya
Bahasa
Suryani asal mulanya
Kabasaran
Allah itu artinya
Jalalullah
bahasa Arabnya
Nur Muhammad
bamula nyata
Asal jadi
alam semesta
Saumpama api
lawan panasnya
Itulah
Muhammad lawan Tuhannya
Api
banyu tanah dan hawa
Itulah
inya alam dunia
Manjadi
awak barupa-rupa
Tulang
sumsum daging dan darah
Manusia lahir
ka alam insan
Di alam ajsam
ampat bakawan
Si Tubaniyah
dan Tambuniyah
Uriyah lawan
si Camariyah
Rasa
dan akal, daya dan nafsu
Di
alam raga nyata basatu
Aku
meliputi segala liku
Matan
hujung rambut ka hujung kuku
Tubuh dan
hati, nyawa-rahasia
Satu zahir
amat nyatanya
Tiga yang bathin
pasti adanya
Alam sager
itu sabutannya
Mani-manikani-madi
dan madzi
Titis
manitis jadi-manjadi
Si
Anak Adam balaksa hati
Hanya
nang tahu Allahu Rabbi
Ka-ampat ampatnya kada tapisah
Datang dan
bulik kapada Allah
Asalnya awak
dari pada tanah
Asalpun tanah
sudah disyarah
Dadalang
Simpur bamain wayang
Wayang
asalnya si kulit kijang
Agung
dan sarun babun dikancang
Kaler
bapasang di atas gadang
Wayang artinya
si bayang-bayang
Antara kadap
si lawan tarang
Samua majas
harus dipandang
Simpur
balalakun hanya saurang
Samar, Bagung si Nalagaring
Si
Jambulita suara nyaring
Ampat
isyarat amatlah penting
Siapa
handak mancari haning
SYAIR MAYAT
Alkisah
tersebut suatu madah
Tubuh lesu
uratpun lamah
Mahabarakan
nyawa tatkala pindah
Jangan lupa
akan zikir Allah
Tiadalah
kami babanyak kata
Kabar
sudah banyak dipeta
Sakadar
ma-ambil simpun cerita
Istimewa
di kitab segala pendeta
Talalu banyak
kabar ibarat
Pada
manyatakan ikhwal kiamat
Bacalah kitab
sabar akhirat
Qur’an dan
Hadits punya riwayat
Barang
siapa tahukan iman
Supaya
sampai banama budiman
Basungguhlah
mangikut firman
Dunia
akhirat mandapat nyaman
Tatkala
disual Munkar dan Nakir
I’tikatnya
sah amalnya mahir
Manjawab kada
lagi bafikir
Lidahnya
fasih manyabut zikir
Tiadalah
sudah dikata
Nang
mati itu tunangan kita
Ulih
sakalian siding pendeta
Wajib
ingatkan dicita-cita
Barapa urang nang
mulia-mulia
Sakaliannya
itu tinggallah dia
Dari pada
kakayaan harta dunia
Kada tabawa
ka sana dia
Siksa
kubur talalu sangat
Kada
tasandang di badan umat
Barapa
lagi azab kiamat
Handaklah
lari masakan dapat
SYAIR GANDA
KUSUMA
Kasuma ratu
amas sakati
Tuan lali
lawan larapati
Laksana Dewi
Banawati
Kapada
Kartakasuma nang sakti
Satalah
sudah bagitu sakarang
Anam
ikur garuda tarabang
Ganda
Kasuma nyata andalang
Di
atas udara talalu pandang
Amas mirah
kasuma gunung
Taburi lawan
kambang di galung
Jikapun kaka
mati tagulung
Kapani lawan
kain saputung
Kain
di pinggang amas tampayan
Akan
bakal kakanda tunangan
Itulah
amas karjakan
Masuk
ka dalam surga kayangan
(dimuat dalam buku Sastra Lisan Banjar Hulu karya Fahrurraji Asmuni,halaman 75-81 ,edisi Agustus 2012,Penakita Banjarbaru)
Langganan:
Postingan (Atom)